Perbedaan Ormas Rifa’iyah dengan Thoriqoh Rifa’iyah

3

Januari 28, 2009 oleh RIFA'I AHMAD


avatar37015_3Lahirnya tulisan ini bukan bermaksud untuk menkotak-kotakkan umat Islam, akan tetapi hanya bertujuan memberikan informasi yang cerdas tentang Ormas Rifa’iyah dan Thariqoh Rifa’iyah. Karena persamaan nama inilah yang menyebabkan sebagian orang sering kali menganggap bahwa Ormas Rifa’iyah sama dengan Thoriqoh Rifa’iyah.

Sebenarnya baik Ormas Rifa’iyah maupun Thoriqoh Rifa’iyah kedua-duanya sama-sama penganut paham Ahlusunnah wal jamaah yang insya Alloh termasuk firqoh najiyyah, dan uniknya pendiri keduanya memiliki kesamaan nama namun beda generasi.

Ormas Rifa’iyah didirikan oleh Syaikh Haji Ahmad Ar Rifa’I Al Jawi Bin Muhammad Bin Abi Sujak Bin Sutjowijoyo. Lahir pada tanggal 9 Muharram 1200 H (1786 M ) di desa Tempuran Kabupaten Kendal. Untuk lebih mengenal beliau silahkan baca sejarah hidup kh ahmad rifa’i diblog ini.


Sedangkan Pendiri Tarekat Rifaiyah adalah Abul Abbas Ahmad bin Ali Ar-Rifai. Ia lahir di Qaryah Hasan, dekat Basrah pada tahun 500 H (1106 M), sedangkan sumber lain mengatakan ia lahir pada tahun 512 H (1118 M). Sewaktu Ahmad berusia tujuh tahun, ayahnya meninggal dunia. Ia lalu diasuh pamannya, Mansur Al-Batha’ihi, seorang syeikh Trarekat. Selain menuntut ilmu pada pamannya tersebut ia juga berguru pada pamannya yang lain, Abu Al-Fadl Ali Al Wasiti, terutama tentang Mazhab Fiqh Imam Syafi’i. Dalam usia 21 tahun, ia telah berhasil memperoleh ijazah dari pamannya dan khirqah 9 sebagai pertanda sudah mendapat wewenang untuk mengajar.

Ciri khas Tarekat Rifaiyah ini adalah pelaksanaan zikirnya yang dilakukan bersama-sama diiringi oleh suara gendang yang bertalu-talu. Zikir tersebut dilakukannya sampai mencapai suatu keadaan dimana mereka dapat melakukan perbuatan-perbuatan yang menakjubkan, antara lain berguling-guling dalam bara api, namun tidak terbakar sedikit pun dan tidak mempan oleh senjata tajam.

Setelah membaca sedikit uraian di atas, maka mata hati kita sedikit terbuka bahwa antara Organisasi Rifa’iyah dengan Thoriqoh Rifa’iyah itu berbeda. Ciri khas Organisasi Rifa’iyah adalah ibadah sesuai dengan cara Rasulullah dengan terpenuhinya Rukun dan Syarat. Sementara Thariqot Rifa’iyah memiliki cirri khas dalam berdzikir yang tidak dimiliki oleh Thariqoh lainnya.

Akan tetapi karena keduanya adalah Ahlusunnah wal jamaah, maka Insya Alloh keduanya berjalan dalam Ridho Alloh Swt. Inilah mungkin maksud dari perkataan Syaikh Ali Ath Thanthawi bahwa :

” jikalau kebenaran yang dimaksud adalah lawan dari kebathilan, maka ia pasti satu. Akan tetapi kalau yang di maksud dengan kebenaran adalah apa yang diridhoi Alloh, maka ia bias jadi terbilang ( banyak ).”

Lihat Fatwa Ali Ath Thanthawi.

Wallohu a’lam bish showaab.

About these ads

3 thoughts on “Perbedaan Ormas Rifa’iyah dengan Thoriqoh Rifa’iyah

  1. badrudin mengatakan:

    bagus dgn adanya pembeda antara thoriqoh n ormas tsb, boleh tnya kan kang. kalo thoriqoh rifa’iyah di cirebon ada tida. jika ada dimana? dan tempatnya dman?

  2. Joko mengatakan:

    mau tanya boleh khan. alamat pusatnya thoriqoh rifa’iah dimana ya…. trus cabang yang di jawa tengah mana saja ….. trims infornya maturnuwn. salam kenal

  3. muhammad ar rifai mengatakan:

    berita bagus untuk pelurusan….bila adainfo atau ada yang mau tahu lanjut tentang thoriqoh Rifai iyyah dari sanad ijazah Zawiyah Aden Yaman , Silahkan E-mail ke munshib_rifai@yahoo.com

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mau tahu ajaran KH.Ahmad Rifa’i?

Kategori

Top Rated

Info Blog’s

Tamu Kita

Sudah Dikunjungi :

  • 311,886 netter

RSS TANBIHUN.COM

  • Penyakit Akibat Pikiran Negatif Menurut Ilmuan Islam November 10, 2014
    TANBIHUN.COM- Dr.Masaru Emoto San dalam bukunya yang berjudul “The True Power of Water.” membahas dengan jelas bahwa berpikir negativ yang terus menerus akan meresonansi organ-organ tubuh tertentu sehingga organ-organ tubuh tersebut tidak bisa berfungsi dengan maksimal, akibat selanjutnya akan dapat menimbulkan berbagai penyakit degeneratif, dari yang ringan […]
  • Dialog Ringan Dengan Kyai Mahrus Ali Tentang Keharaman Cuka Oktober 30, 2014
    TANBIHUN.COM- Yai Mahrus berkata : Silahkan bermusawaroh Sepuluh tahun saya menghindari makanan yang ada cukanya, sebab cuka adalah haram, bukan halal. Ia dari khomer, bagaimanakah bisa di halalkan. Mestinya di haramkan sebagaimana khomer. Saya tuangkan masalah ini pada teman – teman fb untuk sharing agar bisa adu argumentasi yang berdalil, bukan akal – akal […]
  • Syaikh Ahmad Rifa’i Berbicara Tentang Pangkat,Uang Dan Idealisme ‘Alim Oktober 29, 2014
    Syarihul Iman kurasan 8 hal87(Klik UntukMembesarkan) TANBIHUN.COM- Cukup lama aku vakum tidak menulis di website ini. Penyakit jenuh hinggap dihatiku, untuk membangkitkan kembali semangat menulis kumulai dengan mengganti thema blog. Alhamdulillah keinginan menulis datang juga akhirnya. Dengan ditemani segelas kopi dan udud (rokok) kupacu imajinasi untuk meng […]
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: