APA ITU RIFAIYYAH…?

5

Desember 10, 2008 oleh RIFA'I AHMAD


Ikhwan Fillah, mungkin sebagian dari kita belum tau dan belum kenal apa itu Rifaiyah. mudah2an tulisan ringan ini bisa sedikit membantu rasa penasaran para ikhwan tentang Rifaiyah.

Rifaiyah adalah sebuah organisasi kemasyarakatan yang didirikan oleh murid2 Hadratusy Syeikh Ahmad Rifai Bin Muhammad Al Jawi, yang berakidah Ahlusunnah Wal Jama’ah dengan mengikuti madzhab Imam Asy Syafi’i RA

penamaan rifaiyah diambil dari nama belakang Hadratusy syekh dengan ditambah ya’ nisbat. maka didapatkanlah kata RIFAIYAH.

untuk mengetahui tentang siapa itu Syekh Ahmad Rifa’i silahkan klik http://www.rifaiyah.com.

kehadiran organisasi rifaiyah ini adalah dalam rangka memurnikan kembali Akidah umat Islam di Jawa yang mengalami distorsi oleh kebudayaan setempat yang tidak sesuai dengan ajaran2 Islam. kalu di tilik dari pendirinya Rifaiyah adalah organisasi Islam tertua di Indonesia karena berdiri sejak abad 18 M, bandingkan dengan NU dan Muhammadiyah.

Metode dakwah yang digunakan tidak jauh beda dengan NU, yaitu pendekatan budaya dan sosial dengan membangun lembaga2  pendidikan tradisional seperti Pesantren dan majlis ta’lim. ditambah menterjemahkan kitab2 arab kedalam bahasa jawa untuk memudahkan orang awam yang ingin belajar Islam dengan benar.

Jama’ah Rifaiyah saat ini berjumlah sekitar 3 juta jiwa yang tersebar di berbagai daerah di jawa seperti Pati, Demak, Kendal, Pekalongan, Ambarawa, Wonosobo, Temanggung dan Batang. jamaah ini sedikit mengisolasi diri dan banyak berdomisili didaerah-daerah pinggiran, hal ini disebabkan pada masa penjajah belanda mereka selalu dikejar-kejar karenadianggap terlalu keras dalam mengkritik kolonial tersebut.Dalam Hal kajian kitab dan amaliah sehari2 Rifaiyah sangat mirip dengan NU, warga Rifaiyah juga gemar tahlilan ataupun maulidan sebagaimana yang lazim dimasyarakat NU. hanya saja sebagai kitab pegangan mereka memprioritaskan kitab2 karangan Hadratusy syeikh Ahmad Rifai yang merupakan rangkuman, translet dan Interpretasi dari kitab2 berbahasa Arab yang sudah mashur dikalangan umat muslim Indonesia, seperti Fathul Qarib, Fathul Muin, Fathul Wahhab, Ihya Ulumaddin, Al Hikam, Nihayatul Muhtaj, Tuhfatul Muhtaj dan kitab2 Syafiiyah lainnya. Yang sedikit membedakan Rifaiyah dengan Ormas lainnya adalah Rifaiyah lebih menekankan Ibadah yang Memenuhi Rukun dan Syarat, Kewajiban memakai hijab bila laki2 dan perempuan berkumpul dalam satu majlis dan pentingnya sifat ‘Adalah. yaitu tidak menjalankan satupun dosa besar dan tidak mengekalkan dosa2 kecil.

Syekh Ahmad Rifai dalam kitab Syarih Al Iman dan Kitab Tahyirah Mukhtashor menyebutkan bahwa Rukun Islam itu hanya saatu yaitu mengucapkan dua kalimah sahadat, sahadat tauhid dan sahadat Rasul, setelah itu  baru dikenai kewajiban menjalankan ibadah Sholat, Shaum, Zakat dan Haji. jadi menurut beliau apabila seseorang telah mengucapkan 2 kalimah syahadah maka dia telah menjadi muslim, selanjutnya dia harus menjalankan kewajiban dia sebagai muslim yaitu mngerjakan sholat, Shaum Ramadhon, ZAakat dan Haji apabila mampu.

Jamaah Rifaiyah juga sangat selektif dalam memilih guru, Berikut petikan natsar (prosa) yang ditulis tangan oleh Syekh Ahmad Rifai. “Barang sopo wonge ora sah gurune wong iku pitakonan, sabab bodo tuwin Alim fasik tan taubat, mongko syaithon gurune wong iku sasar brayan.” Artinya kurang lebih ( barangsiapa yang tidak sah gurunya, sebab bodoh atau Alim fasik yang tidak sempat taubat, maka gurunya orang itu adalah syetan.

berikut kami berikan nama2 tokoh Rifaiyah yang sampai saat ini masih hidup, yang kesemuanya Insya Allah Alim serta Adil dan dapat dijadikan sebagai tempat bertanya:

K.H. Rois Yahya Dahlan            Pengasuh PP Miftahul Ulum Pati

K.H.Ahmad Saud                         Pengasuh PP Raudhotuth tholibin Kendal

K.H. Ahmad Syadzirin              Pengasuh PP Al Insap Pekalongan

K.H. Mukhlisin Muzarii             Cirebon

K.H Zaenal Abidin                      Pekalongan

K.H. Zaenal Khafidzin               Pekalongan

dan masih banyak lagi……..

Oleh Ahmad Rifa’i

rimg0084

Iklan

5 thoughts on “APA ITU RIFAIYYAH…?

  1. Khoirunnisa' berkata:

    Terima kasih pengetahuannya , semoga bermanfa’at ..

  2. tolong dong lebih kupas lagi sejarah rifaiyyah tanggal tahun berdirinya dan pengurus rais akbarnya

  3. al amin berkata:

    Ada pesantren Roudlutul ri’ayah pemalang jateng dg pengasuh K.H. Zaenal khafidzin.. hanya sekedar tambahan.

  4. ali kopi berkata:

    toong dong kupas tentang AMRI

  5. ali kopi berkata:

    setuju

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mau tahu ajaran KH.Ahmad Rifa’i?

Kategori

Top Rating

Info Blog’s

Tamu Kita

Sudah Dikunjungi :

  • 420,503 netter

RSS TANBIHUN.COM

  • バリフはレビトラジェネリックの代名詞 Mei 10, 2017
    ED治療薬には様々なジェネリック薬が開発されていますが、レビトラ関連で有名なジェネリック薬としては、やはり【バリフ】かシリーズ化されている【ジェビトラ】が有名です。 現在、ジェビトラの製造国であるインドでは、様々な問題点が指摘されており、特許問題でジェビトラシリーズは現在全て生産停止状態となっております。 つまり、ジェビトラジェネリックの代表格は、【バリフ】となっているわけです。 バリフはゼリータイプの物と、通常の錠剤と2種類有ります。 普通のバリフも即効性に優れていますが、ゼリータイプにする事で水無しで服用可能となり、体へ薬剤が吸収されやすいように改良されています。 今後、ジェビトラが販売されていない分、バリフにその需要が流れると考えられています。 バリフブランドの確立ですね。 元々、バリフを製造している製薬 […]
%d blogger menyukai ini: