ASBAABUN NUZUUL SURAT AL LAHAB

9

Desember 10, 2008 oleh RIFA'I AHMAD


Al Wahidiy dalam kitab Asbabunnuzulnya menceritakan,” Nabi Muhammad mengundang keluarga dekatnya untuk makan bersama dirumahnya. Bersamaan undangan tersebut, nabi bermaksud untuk menyampaikan ajaran Allah SWT. kepada sanak saudaranya. usai makan bersama, Nabi Muhammad mengajak mereka untuk menyembah Allah swt.  dan meninggalkan berhala. Akan tetapi, tanggapan mereka sungguh berbeda dengan harapan Rasullah. Abu Lahab, pamannya, segera menghentikan pembicaraan itu. ia mengajak para tamu undangan yang lain untuk meninggalkan tempat.

Keesokan harinya Rasulullah kembali mengundang kembali sanak saudaranya untuk makan bersama. Selesai makan Rasulullah menyampaikan ajaran Allah swt, kepada yang hadir. Tanggapan mereka yang hadir sama denga hari sebelumnya. Tidak ada yang mendukung dakwah Rasulullah SAW, kecuali Ali Bin Abi Thalib. Mereka yang hadir tertawa terbahak-bahak mendengar kesediaan Ali untuk mendukung dakwah Rasulullah. Mereka mengejek kemudian meninggalkan tempat jamuan makan. Selanjutnya Rasulullah mengalihkan dakwahnya dari keluarga dekat kepada penduduk Makkah.

Suatu hari Rasulullah ke Bukit Shafa kemudian berseru.” Hai Masyarakat Quraisy.” Kaum Quraisy yang mndengar seruan Nabi segera mendekati asal suara.Setelah semua penduduk berkumpul. Nabi Muhammad bersabda.” Bagaimana pendapatmu jika kukatakan dilereng bukit ada pasukan berkuda, percayakah kalian..?”

” Ya kami percaya,” jawab yang hadir.

” Engkau tidak pernah disangsikan. Kami belum pernah melihatmu berdusta,” tambah mereka yang hadir.

“Allah memerintahkan aku untuk memberi peringatan kepada kalian, baik untuk kehidupan dunia maupun kehidupan akherat, tidak ada satu keuntungan yang dapat aku berikan kepada kalian, selain kalian mengucapkan syahadat, Tidak ada Tuhan selain Allah.” Kata Rasul.

Mendengar dakwah yang disampaikan oleh Nabi Muhammad, Abu Lahab salah seorang paman Rasulullah berdiri sambil berteriak,” Celaka Engkau untuk hari ini, apakah hanya untuk ini engkau mengumpulkan kami?” Nabi Muhammad terdiam, lalu Allah menurunkan Surat Al Lahab ayat 1-3.

By Ahmad Rifa’i

100_4002

Iklan

9 thoughts on “ASBAABUN NUZUUL SURAT AL LAHAB

  1. Yatmi berkata:

    Thanks for my teacher ust nuri,berkat’a kni q jdi tahu pljrn” yg blm q ketahui,…

  2. sally berkata:

    thanks manfaat banget untuk guru ku

  3. mamad berkata:

    Syukran Banget dah,,ane lagi kesulitan baca KIKUN,,, tapi berkat ini materi ,, akhirnya lega,, dan ini juga tuk ane sampaikan sama anak2 ane .Good bless you!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mau tahu ajaran KH.Ahmad Rifa’i?

Kategori

Top Rating

Info Blog’s

Tamu Kita

Sudah Dikunjungi :

  • 417,537 netter

RSS TANBIHUN.COM

  • May Day 2015 Buruh Wacanakan Pembentukan Partai Mei 1, 2015
    Tanbihun.com– Pengusaha dan Buruh adalah dua sisi keping mata uang yang tak mungkin dipisahkan. Buruh butuh pengusaha dan pengusaha butuh buruh. Tapi dalam perjalanan waktu sering buruh tidak setara dan dianggap tidak setara dengan pengusaha. Sering pengusaha terlalu kuat menjadikan buruh hanya sekedar sapi perah. Untuk itulah pemerintah hadir agar pengusaha […]
  • Mary Jane Ditunda Eksekusinya, Bagaimana Penundaan Hukuman Ini Menurut Islam? Mei 1, 2015
    Tanbihun.com– “Eksekusi Mary Jane ditunda” ujar Kapuspenkum Kejagung Tony Spontana saat dihubungi, Rabu (29/4/2015). Keputusan ini diambil setelah Presiden Filipina menelpon Presiden Jokowi, bahwa perekrut Mary Jane telah menyerahkan diri dan membuat pengakuan bahwa dialah yang mengirim Mary Jane untuk membawa Narkoba tanpa sepengetahuan yang bersangkutan. B […]
  • Keistimewaan Senior Atas Yunior April 26, 2015
    “Qod Yuujadu fil Mafdhuul Maa Laa Yuujadu Fil Faadhil” (Kadang ditemukan keistimewaan bagi yunior yang tidak ada bagi senior) Tanbihun.com– Kaidah ini yg digunakan menjawab ulama ketika ditanya: mengapa Isa dan Maryam tidak tersentuh syetan dan tidak menangis ketika lahir??? Yang difirmankan al Quran u’iidzuhaa bika wa dzurriyyatahaa minasy syaithoonir rojii […]
%d blogger menyukai ini: