SHOLAT OBAT SEGALA KESUSAHAN

2

Desember 18, 2008 oleh RIFA'I AHMAD


Orang yang mengenal jalan Alloh swt da selalu berlindung kepadanya, akan mengetahui bahwa sholat adalah obat dari segala susah dan derita, dengan sholat mereka merasakan kesejukan, kedamaian dan ketentraman yang membasuh kalbu mereka. Bahkan Rasulullah SAW senantiasa menjadikan sholat sebagai penghibur jiwa beliau yang paling utama. Oleh karena itu Rasulullah pernah bersabda kepada Bilal .”Hiburlah aku dengan sholat wahai Bilal.” (HR. Abu Dawud dan Tabrani).

Begitu juga apbila Rasulullah sedang ditimpa musibah, maka Rasulullah akan segera melaksanakan sholat, karena sholaT merupakan pengikat jalinan hati dengan sang Maha Tinggi, beliau bermunajat, mengadu dan menghaturkan segala susah dan deritanya kepada Alloh swt.

Sebagai pengikut Nabi, mustinya kita juga begitu. Begitu datang kesusahan dan kesedihan yang menyergap kita, maka segera kita dirikan sholat. Kita adukan masalah kita, derita kita dan kita mohonkan penyelesainnya kepada Alloh swt. Siapa lagi yang dapat kita andalkan dalam mengatasi persoalan kita selain Alloh?  Siapa yang tiada bosan dan jenuh menjaga kita, mendengar keluh kesah kita dan mentarbiyah kita setiap saat kalau bukan Alloh?.

Mengapa kita tidak datang dan mengetuk pintu RahmatNya ? bukankah kita akan merasa aman, nyaman dan tentram apabila kita berada dalam jaminannya, lindungannya dan bimbingannya ? serta kita senantiasa diselamatkan dari kezholiman makhlukNya. Nabi Bersabda,” Barang siapa sholat shubuh, maka ia berada dalam jaminan Alloh.” ( HR. Muslim )

Lalu mengapa kita justru pergi menemui orang lain, padahal kita tidak tahu apakah kita akan dibukakan pintu atau justru pintu tersebut akan ditutup rapat-rapat sehingga anda akan pulang dengan tertunduk? mengapa kita justru meninggalkan pintu Zat yang Maha sempurna, yang selalu terbuka dihadapan kita setiap saat dan setiap waktu dan tiada seorangpun yang dapat menghalangi kita untuk memasukinya? ahh..alangkah bodohnya kita.

Bila saat ini ditimpa kesedihan dan rasa cemas, maka cepatlah kembali kenaungan Alloh. Berdiri, berwudhu lalu melkasanakan sholat menghadap sang Maha Kuasa. Berdoalah kepada Alloh sesuka kita untuk mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat meskipun kita adalah orang yang gemar berbuat maksiat. Jangan merasa takut , cemas dan kecil hati sebab rahmat Alloh sangat luas. Alangkah gembiranya Alloh dengan tobat kita, kembalinya kita dalam pangkuanya serta ketukan-ketukan kita dipintu RahmatNya.

Setiap orang sebenarnya tahu dan mengerti bahwa sholat merupakan obat sakit hati yang paling mustajab. Bahkan seorang dokter terkenal dari barat, Dr Alexis Carrel dalam bukunya Man the Unknown, mengatakan,” Barangkali, saat ini hanya sholat yang dikenal memiliki daya terbesar untuk menimbulkan vitalitas. Saya sebagai seorang dokter telah banyak menyaksikan kegagalan serum-serum dalam menangani para pasien dan ketika para dokter telah angkat tangan dan menyerah dalam menangini para pasien, ternyata hanya sholat yang dapat menyembuhkan para pasien dari penyakit-penyakit meraka.

Jika seorang sarjana barat saja mengakuinya, lantas kenapa kita masih meragukannya? Padahal ketika kita sholat, kita sedang terhubung dengan sumber segala kekuatan dan daya. Kita hanya bisa bersinergis dengan kemaha Besaran Allah melalui sholat. Orang yang selaslu menjaga sholatnya, ia akan memiliki rasa optimis yang tinggi dalam menapaki hidup, semangat yang menggunung dan kerendahan hati yang luar biasa, yang kesemuanya itu dapat mengantarkan dirinya menuju kebahagiaan sejati. Semoga Alloh menjadikan kita termasuk orang yang dapat menjaga sholat kita, hingga ajal menjemput kita. aamiin.

Iklan

2 thoughts on “SHOLAT OBAT SEGALA KESUSAHAN

  1. david L3ntera Adv berkata:

    Subahnallah

  2. Thanks atas kajiannya yang menyejukan hati dan jiwa membuat saya semangat baja untuk selalu menjaga sholat sebaik-baiknya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mau tahu ajaran KH.Ahmad Rifa’i?

Kategori

Top Rating

Info Blog’s

Tamu Kita

Sudah Dikunjungi :

  • 423,072 netter

RSS TANBIHUN.COM

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: