Perancis dan Mesir Rencanakan Gencatan Senjata

Tinggalkan komentar

Januari 8, 2009 oleh RIFA'I AHMAD


ImageTidak akan ada kesepakatan kecuali Hamas mau menghentikan serangan roketnya kepada Israel dan berhenti menyelundupkan pasukan ke Gaza Perancis dan Mesir mengumumkan inisiatif untuk menghentikan pertempuran di Gaza pada Selasa (6/1). Pernyataan ini disampaikan beberapa jam setelah Israel menyerang Hamas di daerah dekat sekolah yang didirikan PBB, yang selama ini dijadikan tempat berlindung warga sipil. Serangan ini menyebabkan sedikitnya 30 orang Palestina tewas.

Presiden Mesir dan Perancis tidak mengumumkan detil rencananya. Mereka hanya mengatakan perlunya sebuah gencatan senjata untuk izin melakukan pertolongan kemanusiaan masuk ke dalam Gaza. Mereka juga berniat berbicara untuk menyamakan perbedaan yang terjadi di antara Israel dan Hamas.

Perwakilan Israel di Yerusalem menolak memberikan komentar mengenai pernyataan untuk menyelesaikan konflik yang telah membunuh 600 orang dalam 11 hari.

Menlu AS Condoleezza Rice menyambut inisiatif ini, tapi memperingatkan bahwa tidak akan ada kesepakatan kecuali Hamas mau menghentikan serangan roketnya kepada Israel dan berhenti menyelundupkan pasukan ke Gaza.

Presiden terpilih Barack Obama akhirnya angkat bicara. Ia mengatakan, “tewasnya warga sipil di Gaza dan Israel menjadi perhatian mendalam bagi saya.” Namun Obama menolak berkomentar lebih lanjut.

Militer Israel mengatakan pengeboman yang terjadi di sekolah adalah sebuah respon terhadap serangan martir dari lingkungan sekitar sekolah. Mereka mengatakan bahwa Hamas menggunakan warga sipil sebagai perlindungan.

Dalam konferensi pers-nya di Sharm-el-Sheik, Mesir, Presiden Husni Mubarak mengatakan pengajuan gencatan senjata yang ditawarkannya bersama Presiden Perancis Sarkozy memimpikan pengakhiran perang secepatnya. Ini dilakukan agar bantuan kemanusiaan bisa aman ketika memasuki Gaza.

Mubarak mengatakan, dalam rencananya juga disebutkan akan memanggil pihak Israel dan Palestina untuk mendiskusikan cara-cara untuk menyelesaikan konflik dan menyediakan jaminan-jaminan untuk memastikan agar perang tidak meletus lagi.

Tidak ada indikasi kemungkinan berhasil dari rencana tersebut. Sarkozy sendiri mengatakan, ia melihatnya sebagai sebuah “harapan kecil” untuk mengakhiri kekerasan di Gaza. Sarkozy juga mengatakan ia telah bicara kepada PM Israel Ehud Olmert untuk menginformasikan mengenai inisiatif tersebut dan sedang menanti respon darinya.

Dari markas besar PBB, Presiden Palestina Mahmoud Abbas menerima usulan gencatan senjata tersebut. “Saya menyatakan dukungan terhaap rencana yang disampaikan oleh Presiden Mubarak dan Presiden Sarkozy,” ujar Abbas, yang saat itu sedang berada di New York untuk pertemuannya dengan Dewan Keamanan PBB mengenai krisis Gaza. (Diyah Kusumawardhani/AP/emy)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mau tahu ajaran KH.Ahmad Rifa’i?

Kategori

Top Rating

Info Blog’s

Tamu Kita

Sudah Dikunjungi :

  • 417,537 netter

RSS TANBIHUN.COM

  • May Day 2015 Buruh Wacanakan Pembentukan Partai Mei 1, 2015
    Tanbihun.com– Pengusaha dan Buruh adalah dua sisi keping mata uang yang tak mungkin dipisahkan. Buruh butuh pengusaha dan pengusaha butuh buruh. Tapi dalam perjalanan waktu sering buruh tidak setara dan dianggap tidak setara dengan pengusaha. Sering pengusaha terlalu kuat menjadikan buruh hanya sekedar sapi perah. Untuk itulah pemerintah hadir agar pengusaha […]
  • Mary Jane Ditunda Eksekusinya, Bagaimana Penundaan Hukuman Ini Menurut Islam? Mei 1, 2015
    Tanbihun.com– “Eksekusi Mary Jane ditunda” ujar Kapuspenkum Kejagung Tony Spontana saat dihubungi, Rabu (29/4/2015). Keputusan ini diambil setelah Presiden Filipina menelpon Presiden Jokowi, bahwa perekrut Mary Jane telah menyerahkan diri dan membuat pengakuan bahwa dialah yang mengirim Mary Jane untuk membawa Narkoba tanpa sepengetahuan yang bersangkutan. B […]
  • Keistimewaan Senior Atas Yunior April 26, 2015
    “Qod Yuujadu fil Mafdhuul Maa Laa Yuujadu Fil Faadhil” (Kadang ditemukan keistimewaan bagi yunior yang tidak ada bagi senior) Tanbihun.com– Kaidah ini yg digunakan menjawab ulama ketika ditanya: mengapa Isa dan Maryam tidak tersentuh syetan dan tidak menangis ketika lahir??? Yang difirmankan al Quran u’iidzuhaa bika wa dzurriyyatahaa minasy syaithoonir rojii […]
%d blogger menyukai ini: