Yoga Murni Ritual dan Spritual Haram Bagi Umat Islam

1

Januari 26, 2009 oleh RIFA'I AHMAD


ImageForum Ijtima ulama Komisi III Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) se-Indonesia III mengeluarkan fatwa bahwa yoga yang mengandung meditasi, murni ritual dan spiritual agama lain hukumnya haram bagi umat Islam.

“Fatwa tersebut dibutuhkan, agar umat Islam tidak mencampur adukkan yang hak dengan yang bathil,” kata Ketua MUI Pusat, Ma`ruf Amin di Padangpanjang, Minggu.

Namun MUI juga mengeluarkan Fatwa bahwa yoga yang murni olahraga pernafasan untuk kepentingan kesehatan hukumnya mubah (boleh).

Menurut dia, landasan hukum atas fatwa MUI itu adalah Al Quran dalam surat Muhammad ayat 47,33 yang mengamanatkan, orang Islam agar menaati Allah SWT dan Rasul, serta jangan merusakkan (pahala) amal-amalmu. Ayat yang mengisyaratkan larangan mencampurkan adukkan yang hak dengan yang bathil Al Quran Al Baqarah 2:42.

“Fatwa tersebut lebih berdasar, persoalan hukum Yoga mencuat ke permukaan setelah munculnya berita tentang fatwa Ahli Majlis Muzakarah Fatwa Kebangsaan (AMMFK) yang bersidang pada 22-24 Oktober 2008 di Kota Bharu Kelantan Malaysia yang memutuskan keharaman Yoga,” katanya.

Atas fatwa tersebut, menurut dia, muncul banyak pertanyaan dan permintaan, agar MUI mengkaji, membahas dan juga memfatwakan masalah yoga. Akhirnya, pimpinan MUI membentuk Tim Peneliti Yoga yang terdiri dari Komisi Pengkajian dan Komisi Fatwa MUI.

Yoga oleh masyarakat Indonesia umumnya dipahami hanyalah sebagai salah satu bentuk olah raga pernafasan yang biasa diajarkan di sanggar-sanggar senam dan kebugaran. Setelah dilakukan penelitian dan pengkajian oleh Tim MUI, ternyata persoalan yoga ternyata tidak sesederhana yang dipahami selama ini.

Yoga sesungguhnya sudah ada sejak 6 abad Sebelum Masehi (SM), jauh sebelum agama Hindu lahir.

Yoga awal tidak terkait dengan agama apapun, tetapi dalam perkembangannya banyak pendeta Hindu yang mendalami yoga yang kemudian melakukan asimilasi yoga dengan ajaran agama Hindu.(Ant/sbl)

“Meski demikian, yoga sendiri tidak seluruhnya dikembangkan atau berkembang dalam bingkai agama Hindu. Ada yoga yang tidak bercampur dengan ajaran agama,” katanya menjelaskan.


Iklan

One thought on “Yoga Murni Ritual dan Spritual Haram Bagi Umat Islam

  1. Dewa Komang Aswin berkata:

    saya mohon jangan sekali-kali anda mengharamkan ajaran yoga dan jangan sekali-kali anda menyampaikan hal yang aepenuhnya anda belum pahami. Filsafat hindu adalah bagaimana memanusiakan manusia agar menjadi manusia yang sejati tanpa memandang latar belakang dari manusia itu sendiri.tujuan tersebut sejalan dengan tujuan yoga itu sendiri.yoga dapat membuat orang islam lebih arif dan bijaksana dibandingkan dengan amrozi cs yang dipuja-puja sebagai pejuang umat islam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mau tahu ajaran KH.Ahmad Rifa’i?

Kategori

Top Rating

Info Blog’s

Tamu Kita

Sudah Dikunjungi :

  • 423,185 netter

RSS TANBIHUN.COM

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: