Umat Islam AS Makin Berkembang Pesat

Tinggalkan komentar

Maret 29, 2009 oleh RIFA'I AHMAD


PDF Print E-mail
Penelitian: Jumlah umat Islam di AS mengalami perkembangan yang jauh lebih pesat ketimbang di negara-negara Islam lainnya Hasil jajak pendapat Gallup polling terbaru menunjukkan, negara lain di manaMuslim AS umat Islam mengalami perkembangan adalah Arab Saudi dan Jerman.

Namun di dalam AS, umat Muslim adalah kelompok agama yang paling kecil kadarnya bila dibandingkan Yahudi, Mormon, Protestan dan Katolik Roma.

Hal ini karena segmen terbesar umat Islam Amerika adalah warga Amerika keturunan Afrika (35 persen, termasuk imigran generasi pertama). Mereka umumnya memiliki tingkat penghasilan dan pendidikan yang lebih rendah. Juga jenis pekerjaan dan kesejahteraan ketimbang orang Amerika lain.

Tapi muslim Amerika bukanlah satu kelompok yang homogen. Berdasarkan hasil jajak pendapat, muslim Amerika keturunan Asia (dari negara-negara seperti India dan Pakistan) memiliki penghasilan dan pendidikan yang lebih baik dan lebih maju ketimbang muslim Amerika lain. Faktanya, kualitas indikator hidup mereka lebih tinggi ketimbang sebagian besar warga Amerika lain, kecuali untuk Yahudi Amerika.

“Kami melihat bahwa umat Islam Amerika beraneka ragam,” ujar Dalia Mogahed, direktur eksekutif dan analis senior di Gallup Center for Muslim Studies, yang membiayai jajak pendapat itu. Secara etnis, politik dan ekonomis, mereka ada dalam setiap contoh yang representatif yang mewakili keseluruhan di Amerika. Umat Islam Amerika adalah satu-satunya komunitas agama tanpa ras mayoritas.

Studi Gallup ini cukup signifikan karena merupakan yang pertama yang mengamati sekelompok muslim Amerika yang dipilih secara acak. Gallup mewawancarai lebih dari 300.000 orang melalui telepon pada 2008 seraya melakukan jajak pendapat yang lebih meluas dan berfokus pada 946 muslim.

Pada umumnya, muslim Amerika lebih taat beribadah. Mereka menganggap agama sebagai bagian penting dalam kehidupan sehari-hari (80 persen), lebih daripada kelompok lain kecuali penganut Mormon (85 persen). Tingkat ketaatan ibadah untuk orang Amerika pada umumnya adalah 65 persen. [iol/www.hidayatullah.com]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mau tahu ajaran KH.Ahmad Rifa’i?

Kategori

Top Rated

Info Blog’s

Tamu Kita

Sudah Dikunjungi :

  • 404,891 netter

RSS TANBIHUN.COM

  • May Day 2015 Buruh Wacanakan Pembentukan Partai Mei 1, 2015
    Tanbihun.com– Pengusaha dan Buruh adalah dua sisi keping mata uang yang tak mungkin dipisahkan. Buruh butuh pengusaha dan pengusaha butuh buruh. Tapi dalam perjalanan waktu sering buruh tidak setara dan dianggap tidak setara dengan pengusaha. Sering pengusaha terlalu kuat menjadikan buruh hanya sekedar sapi perah. Untuk itulah pemerintah hadir agar pengusaha […]
  • Mary Jane Ditunda Eksekusinya, Bagaimana Penundaan Hukuman Ini Menurut Islam? Mei 1, 2015
    Tanbihun.com– “Eksekusi Mary Jane ditunda” ujar Kapuspenkum Kejagung Tony Spontana saat dihubungi, Rabu (29/4/2015). Keputusan ini diambil setelah Presiden Filipina menelpon Presiden Jokowi, bahwa perekrut Mary Jane telah menyerahkan diri dan membuat pengakuan bahwa dialah yang mengirim Mary Jane untuk membawa Narkoba tanpa sepengetahuan yang bersangkutan. B […]
  • Keistimewaan Senior Atas Yunior April 26, 2015
    “Qod Yuujadu fil Mafdhuul Maa Laa Yuujadu Fil Faadhil” (Kadang ditemukan keistimewaan bagi yunior yang tidak ada bagi senior) Tanbihun.com– Kaidah ini yg digunakan menjawab ulama ketika ditanya: mengapa Isa dan Maryam tidak tersentuh syetan dan tidak menangis ketika lahir??? Yang difirmankan al Quran u’iidzuhaa bika wa dzurriyyatahaa minasy syaithoonir rojii […]
%d blogger menyukai ini: