Facebook Luncurkan Edisi Arab

Tinggalkan komentar

April 5, 2009 oleh Huruf


Perusahaan situs jejaring sosial Facebook mengumumkanFB

peluncuran edisi bahasa Arab. Perusahaan yang berbasis di Palo Alto, California,  mengabarkan, telah memiliki banyak pengguna di dunia Arab.

Di Mesir sendiri, situs ini berhasil menggamit 900 ribu pengguna. Bahkan ini mampu menjadi alat efektif untuk memobilisasi massa politis untuk berdemonstrasi melawan pemerintah yang diorganisasikan melalui forum-forum. Dengan memberikan  fasilitas dalam bahasa Arab diyakini akan membuat ini menjadi semakin popular.

“Ini adalah pertama kalinya pengguna Arab akan dapat menggunakan Facebook dalam bahasa mereka sendiri,” demikian dikutip The Guardian mengutip Ghassan Haddad, Direktur Facebook wilayah Timur Tengah.  “Ada kemungkinan besar,” tambahnya Haddad.

Untuk membantu proyek ini, Facebook menghadirkan 850 penutur bahasa Arab dan 870 orang bahasa Ibrani.

Bahasa Arab dan Ibrani merupakan bahasa mayoritas yang mendominasi di wilayah Timur Tengah. Sekira 250 juta masyarakat di wilayah Timur Tengah diketahui menggunakan bahasa Arab, sedangkan bahasa ibrani digunakan sekitar 7 juta orang.

Penggunaan bahasa Arab dan Ibrani memungkinkan, pengguna Facebook menulis pesan atau statusnya sesuai dengan caranya, yakni dari kanan ke kiri. Kehadiran kedua bahasa ini membuat Facebook memeliki sekira 40 bahasa di lebih dari 60 negara.

Sebanyak 50 juta dari 250 juta pengguna bahasa Arab telah terbiasa menggunakan internet. Khusus di Arab Saudi, Facebook mempunyai pengguna aktif lebih dari 250 ribu orang. Di Libanon bahkan melebihi 300 ribu orang. [nkrl/www.hidayatullah.com]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mau tahu ajaran KH.Ahmad Rifa’i?

Kategori

Top Rating

Info Blog’s

Tamu Kita

Sudah Dikunjungi :

  • 423,072 netter

RSS TANBIHUN.COM

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: