JANGAN TERPEDAYA JANJI-JANJI JURKAM

Tinggalkan komentar

April 6, 2009 oleh Huruf


Ojo lumaku citoniro ning atine
saking sawiji2 kang anyar anane
Marani mareng sawiji2 nggon tekane

iku koyo khimar gìling gandum upamane
Kang diparani iku kang di tinggal wingkingan

wus lumaku lawas pirang2 wulan

ben1


Arti bebas : “ Janganlah engkau berjalan meninggalkan sesuatu untuk sesuatu yang sama nilainya, jika demikian, maka tak ubahnya laksana khimar ( keledai ) penggiling gandum, ia berjalan memutar tanpa pernah beranjak dari tempatnya semula “.

Kata mutiara yang tertulis didalam kitab abiyanal hawaiz jilid 6 ini patut kita renungkan. Dengan tarjamah bahasa jawa yang elok syaikh Ahmad Rifa’I bin Muhammad Marhum mengingatkan umat islam untuk mencermati dan berhati-hati dalam menentukan langkah, entah itu dalam konteks ibadah,mu’amalah, atau kehidupan sosial bahkan politik sekali pun.

Dalam ranah politik, kita harus hati-hati dalam menentukan pilihan, apalagi dipemilu kali ini dimana parpol dan calegnya semakin banyak, hampir setiap saat kita disuguhi  janji-janji, semua menjanjikan perubahan. Namun kita jangan mudah terpedaya, jangan sampai kita terjebak seperti yang disindir oleh guru besar jamaah rifaiyah ini ; “ kita berjalan, mencoba meninggalkan keadaan yang sedang menghimpit hidup, berubah memang tapi hanya tempatnya saja, tahunnya saja yang berbeda namun kondisinya masih sama”. Kalau demikian kita ibarat keledai penggiling gandum, ia berjalan namun hanya memutar, mengulang-ulang episode lama yang tidak berbeda.

Bagaimana menyikapi janji caleg dan parpol?

Syaikh Ahmad Ar Rifa’i Dalam kitab Takhyirah Mukhtashor beliau mengklasifikasikan informasi atau berita menjadi 3 :

1. Kabar Shiddiq ( informasi yang valid / benar ) yaitu berita yang disampaikan oleh para nabi, terlebih lagi Rosulullah SAW, kabar mutawatir dan berita dari orang ‘adil (jujur) apalagi ‘adil serta ‘alim.

2. Kabar Ikhtimal (mengandung kemungkinan benar atau salah ) yaitu berita dari orang fasik dan anak-anak, semua informasi tersebut tidak dapat dipercaya, sebelum diadakan pembuktian.

3. kabar khidzib ( informasi invalid / bohong ) yaitu berita yang disampaikan oleh orang gila atau orang yang terbiasa dusta, apalagi nyata dustanya.

Terhadap kabar Shiddik, setiap muslim harus sami’na wa atho’na. Meyakini dan mengamalkannya sebab sumbernya terpercaya. Adapun terhadap kabar ikhtimal harus dilakukan tabayun ( cek and ricek ) terlebih dahulu, karena kabar ( informasi ) ini mengandung dua kemungkinan, benar dan salah. Sementara itu, dalam menyikapi kabar Kidzib maka kaum muslimin harus menolaknya sebab informasi itu datangnya dari orang yang inkridibel (tidak terpercaya ) sebab gila ataupun memang seorang pendusta. Allah telah mengajarkan dalam Al Qur’an Surat Al Hujurat ayat 6 ;

” Wahai orang-orang yang beriman, bila datang kepadamu orang fasik (membawa)berita,hendaklah kamu periksa kebenarannya, (karena takut) kalau-kalau kamu mengenai suatu kaum tanpa pengetahuan,lalu kamu menyesal atas perbuatanmu .”

informasi yang di sampaikan oleh para jurkam partai saat kampanye termasuk kategori yang mana ???

Dilihat secara umum, informasi yang disampaikan oleh para jurkam adalah informasi jenis kedua yaitu ihtimal. Oleh sebab itu, seyogyanya jangan percaya begitu saja janji-janji jurkam supaya tidak terjadi penyesalan kelak di kemudian hari. Kepedulian Syaikh Ahmad Ar Rifa’I terhadap masalah ini dengan mengklasifikasikan informasi ( berita ) sangatlah beralasan sebab perpecahan umat, pertikaian dan perselisihan seringkali terjadi karena informasi yang salah dan tidak akurat, lebih-lebih jika yang menyampaikannya itu adalah orang-orang munafik atau yang memang sudah terbiasa berdusta.

Oleh sebab itu, berhati-hatilah dalam menyikapi berita dan informasi yang sampai kepada kita. Semoga Allah merahmati negeri indonesia tercinta ini .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mau tahu ajaran KH.Ahmad Rifa’i?

Kategori

Top Rated

Info Blog’s

Tamu Kita

Sudah Dikunjungi :

  • 404,891 netter

RSS TANBIHUN.COM

  • May Day 2015 Buruh Wacanakan Pembentukan Partai Mei 1, 2015
    Tanbihun.com– Pengusaha dan Buruh adalah dua sisi keping mata uang yang tak mungkin dipisahkan. Buruh butuh pengusaha dan pengusaha butuh buruh. Tapi dalam perjalanan waktu sering buruh tidak setara dan dianggap tidak setara dengan pengusaha. Sering pengusaha terlalu kuat menjadikan buruh hanya sekedar sapi perah. Untuk itulah pemerintah hadir agar pengusaha […]
  • Mary Jane Ditunda Eksekusinya, Bagaimana Penundaan Hukuman Ini Menurut Islam? Mei 1, 2015
    Tanbihun.com– “Eksekusi Mary Jane ditunda” ujar Kapuspenkum Kejagung Tony Spontana saat dihubungi, Rabu (29/4/2015). Keputusan ini diambil setelah Presiden Filipina menelpon Presiden Jokowi, bahwa perekrut Mary Jane telah menyerahkan diri dan membuat pengakuan bahwa dialah yang mengirim Mary Jane untuk membawa Narkoba tanpa sepengetahuan yang bersangkutan. B […]
  • Keistimewaan Senior Atas Yunior April 26, 2015
    “Qod Yuujadu fil Mafdhuul Maa Laa Yuujadu Fil Faadhil” (Kadang ditemukan keistimewaan bagi yunior yang tidak ada bagi senior) Tanbihun.com– Kaidah ini yg digunakan menjawab ulama ketika ditanya: mengapa Isa dan Maryam tidak tersentuh syetan dan tidak menangis ketika lahir??? Yang difirmankan al Quran u’iidzuhaa bika wa dzurriyyatahaa minasy syaithoonir rojii […]
%d blogger menyukai ini: