Pentingnya Amar Ma’ruf Nahi Munkar

Tinggalkan komentar

Juli 9, 2009 oleh RIFA'I AHMAD


spiderman-4Dalam kitab Syarih Al Iman syaikh Ahmad Ar Rifa’i mengatakan bahwa Amar ma’ruf dan nahi munkar merupakan salah satu dasar dari pondasi agama Islam meninggalkan kewajiban Amar ma’ruf Nahi munkar dapat menyebabkan kerusakan dunia dan agama. Tanpa amar ma’ruf Nahi munkar Islam tidak akan mungkin dapat tegak dimuka bumi ini. memerintahkan yang ma’ruf atau yang baik disinyalir para ulama’ lebih ringan di banding dengan mencegah kemunkaran, sebab mencegah kemungkaran dapat menimbulkan ancaman pada dirinya atau keluarganya, sebab resiko yang dihadapinya lebih besar maka insya Allah pahala yang diterima pun lebih besar sebagaimana sabda Nabi : ” Ajruki bima hasbiki ” ( Pahalamu tergantung dari jerih payahmu ), biasanya orang lebih suka untuk melakukan amar ma’ruf tetapi mereka enggan untuk menjalankan nahi munkar, padahal dua hal ini adalah dua sisi mata uang yang harus ada dan berjalan bersama sebab amar ma’ruf dan nahi munkar itu merupakan dua paket yang menjadi satu. Meninggalkan salah satunya maka praktis upaya utuk mendakwahkan Islam akan sia-sia.

Dalam melakukan amar ma’ruf nahi munkar dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu cara represif atau tegas dan juga cara persuasif yaitu dengan pendekatan dan kelembutan. Syaikh Haji Ahmad Rifa’i mengatakan bahwa dalam amar ma’ruf nahi munkar  dapat ditempuh dua cara” Bilainin auw Ighlaadhin bi hasbi ma yanfa'” yaitu dengan lembut ataupun dengan keras tergantung mana yang lebih bermanfaat.

Adakalanya menyeru orang untuk berlaku baik dan meninggalkan maksiyat itu cukup dilakukan dengan cara yang lembut dan pendekatan emosionalnya, akan tetapi tidak jarang pula orang yang baru bisa taubat dan berubah jadi baik setelah dilakukan dengan sikap yang tegas.Prinsipnya karena mengingat urgensinya amar ma’ruf nahi munkar dalam menjaga kelanggengan syaria’at Allah swt di muka bumi ini maka amar ma’ruf nahi munkar harus tetap dijalankan dengan cara apapun yang penting tujuan untuk merubah kemungkaran menjadi kebaikan akan dapat terwujud.

Sebagai umat yang disebut oleh Allah sebagai umat terbaik yang dikeluarkan untuk memberi kemanfaatan kepada manusia lain, maka  kita harus terus berjuang untuk tetap menjaga kemuliaaan Islam, mengibarkan kembali panji-panji Islam dan mendakwahkan agama Allah ini keseluruh pelosok alam dengan cara dan kondisi bagaimanapun. Islam adalah agama yang ya’lu wala yu’la alaih, agama yang tinggi dan tidak ada yang lebih tinggi darinya. Agama Allah yang sangat sesuai dengan fitarh manusia, akan tetapi tanpa amar ma’ruf dan nahi munkar Islam akan menjadi agama yang hanya di anut oleh penduduk bumi saja namun tidak dijalankan syariatnya. jika umat Islam terkungkung pada lezatnya kenikmatan dunia saja, tanpa memikirkan urusan agamanya, maka lambat laun Islam akan menjadi agama yang tertindas agama yang Yu’la alaih Naudzubillah min dzaalik.Wallahu A’lam

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mau tahu ajaran KH.Ahmad Rifa’i?

Kategori

Top Rating

Info Blog’s

Tamu Kita

Sudah Dikunjungi :

  • 420,503 netter

RSS TANBIHUN.COM

  • バリフはレビトラジェネリックの代名詞 Mei 10, 2017
    ED治療薬には様々なジェネリック薬が開発されていますが、レビトラ関連で有名なジェネリック薬としては、やはり【バリフ】かシリーズ化されている【ジェビトラ】が有名です。 現在、ジェビトラの製造国であるインドでは、様々な問題点が指摘されており、特許問題でジェビトラシリーズは現在全て生産停止状態となっております。 つまり、ジェビトラジェネリックの代表格は、【バリフ】となっているわけです。 バリフはゼリータイプの物と、通常の錠剤と2種類有ります。 普通のバリフも即効性に優れていますが、ゼリータイプにする事で水無しで服用可能となり、体へ薬剤が吸収されやすいように改良されています。 今後、ジェビトラが販売されていない分、バリフにその需要が流れると考えられています。 バリフブランドの確立ですね。 元々、バリフを製造している製薬 […]
%d blogger menyukai ini: