Mahalnya Iman

2

Juli 10, 2009 oleh RIFA'I AHMAD


islam” Lamun tinebuso kelawan emas umpamane # sak kebake bumi akehe tinemune”

” Mongko tan tinemu pisan katerimane        # Iku tondo sah iman luwih akeh ajine”

( Seandainya (iman itu ) ditebus dengan emas sepenuh bumi sekalipun, maka tidak akan pernah diterima oleh Alloh, itu tanda bahwa sah iman lebih bernilai harganya ). Untaian indah kalimat di atas ditulis oleh Syaikh Ahmad Ar Rifa’i dalam kitab Riayah Al Himmahnya, setelah beliau dengan singkat dan padat menjelaskan tentang macam-macam dosa kufur.

Iman yang di definisikan oleh beliau dengan At Tashdiiqu maa jaa’a bihi Rasulullah ( membenarkan apa yang telah disampaikan oleh Rasulullah Saw ) memang mengalami fluktuatif, walaupun sebenarnya yang yaziid wa yanqush ( bertambah atau berkurang ) sebenarnya bukanlah ahsluliman ( pokok iman ) itu sendiri, namun cabang iman yang merupakan perwujudan dari iman, itulah yang senantiasa turun naik. Sebab menurut Syaikh Nawawi Al Bantani dalam kitabnya Syarah Qomi’ Ath Thugyan, Apabila ashlul iman yang berkurang maka akan berakibat pada syak ( keragu-raguan ), hal ini dikarenakan Iman sendiri harus Jazm ( mantap ) bila sampai terdapat keragu-raguan di dalamnya, maka iman bisa menjadi bathal, hal ini tidak boleh terjadi pada diri seorang mukmin. Oleh sebab itu yang mengalami fluktuasi adalah cabang-cabang iman ( atau amal ibadah ) seseorang. seseorang bisa rajin menjalankan Ibadah pada suatu hari, dan bisa menjadi malas menjalankannya di hari lain. Inilah yang dinamakan Al Imaanu Yaziidu wa yanqush.

Iman yang ada dalam hati setiap muslim harus dijaga dan diperhatikan agar tidak rusak oleh perbuatan, ucapan atau keyakinan yang berpotensi dapat menghancurkan iman. Oleh karena itu, dengan sangat gamblang namun tetap sederhana Syaikh Ahmad Rifa’i menguraikan tentang macam-macam maksiyat penghancur iman yang oleh beliau dinyatakan sebagai maksiyat Dosa Gede Kekufuran .

Bagi beliau sah iman merupakan aspek pokok yang harus dimiliki oleh seseorang.Sebab tidak mungkin ibadah seseorang akan diterima oleh Allah Swt sementara imannya ( tauhidnya ) bathil. Oleh karenanya berulang kali beliau menandaskan ” Cukup Awwam sahe iman di gerahito “ ( cukup bagi orang awwam untuk mencari dan mengupayakan sahnya iman ). Kenapa demikian ? karena tidak mungkin orang akan mau menjalankan perintah dan meninggalkan larangan, apabila didalam hatinya terdapat keraguan tentang Islam dan tidak mempercayai terhadap ajaran Rasulullah.

Kaum muslimin masa kini, hendaklah mau belajar dan dapat mengambil manfaat dari apa yang telah disampaikan oleh Syaikh Ahmad Ar Rifa’i di atas. Ditengah derasnya laju informasi dan dibukanya kran kebebasan, maka ancaman terhadap aqidah islamiyyahpun semakin besar. Paham-paham sesat mulai berhamburan masuk dan mempengaruhi pola pikir dan keimanan umat islam, akibatnya banyak orang yang mengaku sebagai umat Nabi Muhammad Saw, namun ia justru jauh dari ajaran beliau kalau tidak boleh dikatakan merusak.

Hanya demi segepok uang dan sebuah jabatan yang ditawarkan oleh musuh-musuh Islam, segelintir umat muslim rela menggadaikan aqidahnya, mendistorsi agamanya dan membuat ajaran Islam keluar dari bingkainya. Padahal itu semua tak ada nilainya bila dibandingkan dengan kenikmatan Allah yang akan diberikan kepadanya apabila ia masih berpegang teguh kepada ajarannya. Iman adalah kenikmatan tiada tara, kenikmatan abadi yang tidak akan pernah terukur dengan materi seberapapun jumlahnya. Dan iman pula yang dapat menyelamatkan seseorang dari siksa abadi di neraka, sebagaimana yang di kemukakan oleh Syaikh Ahmad Ar Rifa’i dalam Takhyiirah Mukhtashor.” Utawi faedahe sah iman lan syahadat iku dadi pitukone sawargo, selamet ora kekel urip ing dalem neroko.”

2 thoughts on “Mahalnya Iman

  1. Rifai mengatakan:

    hahahaha..ora ono sing adol kang..njajal takon kang Yazid..kulakan iman opo oraaa..wekekekee

  2. Said PERMAHI mengatakan:

    masak larang……nak ngono akau gah tuku iman…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mau tahu ajaran KH.Ahmad Rifa’i?

Kategori

Top Rated

Info Blog’s

Tamu Kita

Sudah Dikunjungi :

  • 404,891 netter

RSS TANBIHUN.COM

  • May Day 2015 Buruh Wacanakan Pembentukan Partai Mei 1, 2015
    Tanbihun.com– Pengusaha dan Buruh adalah dua sisi keping mata uang yang tak mungkin dipisahkan. Buruh butuh pengusaha dan pengusaha butuh buruh. Tapi dalam perjalanan waktu sering buruh tidak setara dan dianggap tidak setara dengan pengusaha. Sering pengusaha terlalu kuat menjadikan buruh hanya sekedar sapi perah. Untuk itulah pemerintah hadir agar pengusaha […]
  • Mary Jane Ditunda Eksekusinya, Bagaimana Penundaan Hukuman Ini Menurut Islam? Mei 1, 2015
    Tanbihun.com– “Eksekusi Mary Jane ditunda” ujar Kapuspenkum Kejagung Tony Spontana saat dihubungi, Rabu (29/4/2015). Keputusan ini diambil setelah Presiden Filipina menelpon Presiden Jokowi, bahwa perekrut Mary Jane telah menyerahkan diri dan membuat pengakuan bahwa dialah yang mengirim Mary Jane untuk membawa Narkoba tanpa sepengetahuan yang bersangkutan. B […]
  • Keistimewaan Senior Atas Yunior April 26, 2015
    “Qod Yuujadu fil Mafdhuul Maa Laa Yuujadu Fil Faadhil” (Kadang ditemukan keistimewaan bagi yunior yang tidak ada bagi senior) Tanbihun.com– Kaidah ini yg digunakan menjawab ulama ketika ditanya: mengapa Isa dan Maryam tidak tersentuh syetan dan tidak menangis ketika lahir??? Yang difirmankan al Quran u’iidzuhaa bika wa dzurriyyatahaa minasy syaithoonir rojii […]
%d blogger menyukai ini: