Fadhlilah Sya’ban Dalam Perspektif Hadist

Tinggalkan komentar

Juli 26, 2009 oleh Huruf


Alhamdulillah sekarang sudah memasuki bulan Sya’ban. Dan sebentar lagi Bulan Ramadhon, bulan yang sangat mulia itu akan segera datang. Bulan Sya’ban disinyalir oleh para ulama memiliki banyak keutamaan. Mulai dari perintah memperbanyak puasa hingga malam nisfu Sya’ban.

Melihat banyaknya keutamaan-keutamaan Sya’ban yang ditulis oleh ulama dalam kitab-kitabnya, maka penulis merasa tergelitik untuk melihat otensitas keutamaan Sya’ban tersebut dalam perspektif hadits. Setelah mencoba menelaah beberapa kitab hadits, maka kami berkesimpulan bahwa hadits yang bercerita tentang fadhilah Sya’ban itu variatif, ada yang shohih, hasan, dhoif dan adapula yang maudhlu’. Berikut ini kami sampaikan beberapa hadits yang berkenaan dengan Sya’ban beserta takhrijnya.

1. fadhlu syahri sya’baana ‘ala saairisy syuhuuri ka fadhlii ‘ala saairil anbiyaa’i. wa fadhlur romadhoona ‘ala saairisy syuhuuri ka fadhlillahi ‘ala ibaadihi. ( Keutamaan bulan Sya’ban atas semua bulan adalah seperti keutamaanku atas seluruh Nabi, dan keutamaan Romadhon atas semua bulan seperti keutamaan Alloh atas hambaNya )

Hadits ini Maudhlu atau palsu sebab dalam rawinya ada nama As Saqthi yang menurut Ibnu Hajjar dihukumi sebagai pemalsu hadist ( Lihat Tabyinul ajab hal 25 )

2. Yarfa’ullohu a’mala ‘ibaadihi kullaha fi hadzasy syahri. ( Allah akan mengangkat semua amalan hambanya pada bulan ini ). Hadist ini shahih. Diriwayatkan oleh Nasai hadis nomor 2357, Imam Ahmad dalm musnadnya jilid 5 hlm 201 dan Imam baihaqi  Dalam Fadhoilul auqot dan dinyatakan Shahih.

3. Man Shoma tsalaatsata Ayyaamin min awwali sya’baana wa tsalatsatan min ausathihi wa tsalatsatan min akhiirihi, kataballohu lahu tsawaba sab’iina nabiyyan. ( Barang siapa puasa 3 hari diawal sya’ban, 3 hari ditengahnya dan 3 hari di akhitnya, maka ia akan memperoleh pahala 70 nabi ). Hadits ini palsu, karena tidak diketemukan sanadnya. Dan indeks kepalsuannya juga dapat diketahui dari adanya pahala yang luar biasa yaitu 70 Nabi dengan hanya melakukan amaliah yang biasa.

4. Man ahya lailatal ‘idaini wa lailatannishfi min sya’baana lam yamut qolbuhu hiina tamuutul quluub. ( barang siapa menghidupkan malam ied, dan malam nishfu sya’ban maka hatinya tidak akan mati ketika semua hati kelak menjadi mati ). Hadits ini Munkar. Sebab dalam sanadnya terdapat nama Isa  Bin Ibrahim al Hasyimi yang dihukumi matruk olehImam Nasai dan dihukumi Munkarul hadits oleh Imam Bukhori. Adapun amaliah nishfu sya’ban menjadi sunnah apabila menngunakan dalil hadits yang lain yang kualitasnya Hasan Li ghorihi dan itu akan kita bahas dalam bab tersendiri tentang nishfu sya’ban.

Sebenarnya masih hadits yang dhoif ataupun munkar bahkan maudhlu dalam fadhilah sya’ban, namun karena keterbatasan waktu maka pembahasan kami cukupkan dulu. Insya Alloh akan segera terbit tentang nishfu sya’ban dalam pandangan hadist.

Wallohu a’lam

sumber : www.tanbihun.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mau tahu ajaran KH.Ahmad Rifa’i?

Kategori

Top Rated

Info Blog’s

Tamu Kita

Sudah Dikunjungi :

  • 404,553 netter

RSS TANBIHUN.COM

  • May Day 2015 Buruh Wacanakan Pembentukan Partai Mei 1, 2015
    Tanbihun.com– Pengusaha dan Buruh adalah dua sisi keping mata uang yang tak mungkin dipisahkan. Buruh butuh pengusaha dan pengusaha butuh buruh. Tapi dalam perjalanan waktu sering buruh tidak setara dan dianggap tidak setara dengan pengusaha. Sering pengusaha terlalu kuat menjadikan buruh hanya sekedar sapi perah. Untuk itulah pemerintah hadir agar pengusaha […]
  • Mary Jane Ditunda Eksekusinya, Bagaimana Penundaan Hukuman Ini Menurut Islam? Mei 1, 2015
    Tanbihun.com– “Eksekusi Mary Jane ditunda” ujar Kapuspenkum Kejagung Tony Spontana saat dihubungi, Rabu (29/4/2015). Keputusan ini diambil setelah Presiden Filipina menelpon Presiden Jokowi, bahwa perekrut Mary Jane telah menyerahkan diri dan membuat pengakuan bahwa dialah yang mengirim Mary Jane untuk membawa Narkoba tanpa sepengetahuan yang bersangkutan. B […]
  • Keistimewaan Senior Atas Yunior April 26, 2015
    “Qod Yuujadu fil Mafdhuul Maa Laa Yuujadu Fil Faadhil” (Kadang ditemukan keistimewaan bagi yunior yang tidak ada bagi senior) Tanbihun.com– Kaidah ini yg digunakan menjawab ulama ketika ditanya: mengapa Isa dan Maryam tidak tersentuh syetan dan tidak menangis ketika lahir??? Yang difirmankan al Quran u’iidzuhaa bika wa dzurriyyatahaa minasy syaithoonir rojii […]
%d blogger menyukai ini: