ASBAABUN NUZUUL SURAT AL LAHAB

9

Desember 10, 2008 oleh RIFA'I AHMAD


Al Wahidiy dalam kitab Asbabunnuzulnya menceritakan,” Nabi Muhammad mengundang keluarga dekatnya untuk makan bersama dirumahnya. Bersamaan undangan tersebut, nabi bermaksud untuk menyampaikan ajaran Allah SWT. kepada sanak saudaranya. usai makan bersama, Nabi Muhammad mengajak mereka untuk menyembah Allah swt.  dan meninggalkan berhala. Akan tetapi, tanggapan mereka sungguh berbeda dengan harapan Rasullah. Abu Lahab, pamannya, segera menghentikan pembicaraan itu. ia mengajak para tamu undangan yang lain untuk meninggalkan tempat.

Keesokan harinya Rasulullah kembali mengundang kembali sanak saudaranya untuk makan bersama. Selesai makan Rasulullah menyampaikan ajaran Allah swt, kepada yang hadir. Tanggapan mereka yang hadir sama denga hari sebelumnya. Tidak ada yang mendukung dakwah Rasulullah SAW, kecuali Ali Bin Abi Thalib. Mereka yang hadir tertawa terbahak-bahak mendengar kesediaan Ali untuk mendukung dakwah Rasulullah. Mereka mengejek kemudian meninggalkan tempat jamuan makan. Selanjutnya Rasulullah mengalihkan dakwahnya dari keluarga dekat kepada penduduk Makkah.

Suatu hari Rasulullah ke Bukit Shafa kemudian berseru.” Hai Masyarakat Quraisy.” Kaum Quraisy yang mndengar seruan Nabi segera mendekati asal suara.Setelah semua penduduk berkumpul. Nabi Muhammad bersabda.” Bagaimana pendapatmu jika kukatakan dilereng bukit ada pasukan berkuda, percayakah kalian..?”

” Ya kami percaya,” jawab yang hadir.

” Engkau tidak pernah disangsikan. Kami belum pernah melihatmu berdusta,” tambah mereka yang hadir.

“Allah memerintahkan aku untuk memberi peringatan kepada kalian, baik untuk kehidupan dunia maupun kehidupan akherat, tidak ada satu keuntungan yang dapat aku berikan kepada kalian, selain kalian mengucapkan syahadat, Tidak ada Tuhan selain Allah.” Kata Rasul.

Mendengar dakwah yang disampaikan oleh Nabi Muhammad, Abu Lahab salah seorang paman Rasulullah berdiri sambil berteriak,” Celaka Engkau untuk hari ini, apakah hanya untuk ini engkau mengumpulkan kami?” Nabi Muhammad terdiam, lalu Allah menurunkan Surat Al Lahab ayat 1-3.

By Ahmad Rifa’i

100_4002

9 thoughts on “ASBAABUN NUZUUL SURAT AL LAHAB

  1. Yatmi berkata:

    Thanks for my teacher ust nuri,berkat’a kni q jdi tahu pljrn” yg blm q ketahui,…

  2. sally berkata:

    thanks manfaat banget untuk guru ku

  3. mamad berkata:

    Syukran Banget dah,,ane lagi kesulitan baca KIKUN,,, tapi berkat ini materi ,, akhirnya lega,, dan ini juga tuk ane sampaikan sama anak2 ane .Good bless you!!

Tinggalkan komentar

Mau tahu ajaran KH.Ahmad Rifa’i?

Kategori

Tulisan Terlaris

Top Rating

Info Blog’s

Tamu Kita

Sudah Dikunjungi :

  • 477.091 netter

RSS TANBIHUN.COM

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.